Hal - Hal Yang Harus Dipersiapkan Sebelum Wawancara Kerja - Tips Interview

hal - hal yang harus disiapkan sebelum menghadapi wawancara kerja

Hal Yang Harus Dipersiapkan Sebelum Wawancara Kerja adalah topik yanag akan Ruslan share. Topik ini sengaja dipilih untuk Reader yang sedang bingung mencari referensi tentang persiapan yang harus dilakukan sebelum interview atau wawancara kerja. Semoga bermanfaat dan selamat membaca.

Baca juga,


Untuk Melakukan Wawancara Kita Perlu Menyusun Strategi


Wawancara kerja adalah tahapan ketiga dari serangkaian tes penerimaan karyawan baru. Seperti halnya perang, wawancara pun harus menggunakan strategi supaya bisa lulus. Wawancara kerja sangat penting bagi perusahaan untuk mengetahui secara face to face atau tatap muka seberapa pantas skill calon karyawan yang melamar dengan  jabatan yang tersedia di perusahaan. Kita sebagai calon karyawan harus mempersipakan diri dengan matang untuk menghadapi tes ini. Terutama kemampuan komunikasi verba.

Hal - Hal Yang Harus Dipelajari Sebelum Interview


Ok, langsung saja, berikut Ruslan share hal - hal apa saja yang harus dipersiapkan dalam menghadapi wawancara kerja, lets check it out !

Googling 


Bayak sekali oknum yang tidak bertanggung jawab yang melakukan penipuan iklan lowongan pekerjaan. Ketika kita diundanng untuk wawancara, alangkah lebih baiknya kita cari tahu informasi dan kebenaran perusahaan tersebut. Untuk lebih jelasnya, silahkan baca artikel tentang jenis - jenis penipuan bermoduskan lowongan pekerjaan.

Balik lagi ke topik pembahasan di atas, hal yang paling penting dalam persiapan wawancara adalah adalah Googling. Dengan kita googling atau mencari tahu dulu tentang perusahaan yang mengundang kita, itu akan sangat membantu dan dapat menghindarkan kita dari penipuan. Biasanya perusahaan modern sudah mempunyai situs web nya sendiri. 

Berkas Lamaran Pekerjaan


Setelah kita menemukan informasi yang cukup tentang kebenaran perusahan yang mengundang kita untuk tes, tahapan berikutnya adalah kita harus mempersiapkan berkas lamaran pekerjaan. Banyak sekali calon karyawan yang belum tahu vara membuat application latter dan curriculum vitae.

HRD pada umumnya tidak mempunyai waktu yang cukup banyak untuk membaca semua berkas lamaran yang kita berikan. Mereka hanya perlu satu lembar surat lamaran pekerjaan dan satu lembar daftar riwayat hidup. Namun, isinya harus mencerminkan semua tentang kita. Seberapa kreatif kah kita dalam membuat surat lamaran pekerjaan dan daftar riwayat hidup, akan sangat berpengaruh pada penilaian kita.

Berkas Pendukung Lainnya

  1. Pas Photo ukuran 3 x 4 dan 4 x 6
  2. Photo Copy e-KTP
  3. Photo Copy NPWP
  4. Photo copy Ijazah dan SKHUN
  5. Photo copy sertifikat keahlian bagi yang SMK
  6. Photo copy SKCK
  7. Surat pengalaman kerja atau paklaring bagi yang sudah berpengalaman
  8. Sertifikan kejuaraan dan pelatihan.

Penampilan


Hal yg harus dilakukan sebelum melakukan wawancara selanjutnya adalah mempersiapkan penampilan sebaik mungkin. Tidak perlu memakai pakaian mahal, cukup rapih dan bersih. Disarankan mencukur rambut, memotong kuku, memakai minyak rambut untuk pria. Untuk wawancara kerja, sebaiknya kita memakai pakain formal, seperti Sepatu pantofel hitam, kemeja, dan dasi. Penampilan kita yang formal akan menjadi nilai plus dan akan menambah keyakinan HRD bahwa kita cocok dengan posisi yang kita lamar, dan tentunya menambah percara diri.

ketahuilah pakaian formal yang harus digunakan saat akan wawancara kerja


Berdoa dan Minta Doa Orang Tua


Berdoa dan minta doa restu kepada orang tua sangatlah penting. Karena itu  sangat berpengaruh pada dorongan percaya diri kita. Karena dengan doa dan restu dari orang tua - disadari atau tidak - akan sangat membatu. Secara psikologis, doa dan restu dari orang yang kita cintai dan hormati adalah kekuatan tersembunyi yang sangat besar bagi kelancaran kita dalam mencapai apa yang kita inginkan. So, alangklah baiknya kita berdoa dulu sebelum kita berangkat dan minta lah restu pada orang tua kita agar semua urusan kita bisa lancar.

Alarm


Untuk langkah yang kelima ini sangat lah sederhana, namun masih ada diantara kita yang selalu menyepelekannya. Hal yang paling menjadi pertimbangan HRD adalah kedisiplinan waktu kita. Jika HRD mengundang kita jam 08.00 pagi maka paling tidak jam 07.30 kita sudah ada di lokasi.

Alangkah baiknya kalau kita set alarm di handphone kita, supaya mengingatkan bahwa ‘hari ini saya ada janji penting’. So, persiapkan lah semuanya, yakin lah bahwa kita adalah termasuk orang-orang yang berhasil.

Demikian lah artikel Ruslan tentang hal – hal yang harus disiapkan sebelum wawancara kerja atau interview. Sampai jumpa diartikel selanjutnya. 

Postingan populer dari blog ini

Contoh CV Lamaran Kerja Yang Baik dan Benar - Cara Membuat Daftar Riwayat Hidup Terbaru 2018

Contoh - Contoh Pertanyaan Interview Dalam Bahasa Inggris dan Artinya Lengkap

Degrees of Comparison - Penjelasan dan Contoh Kalimat Positive Degree, Comparative Degree, dan Superlative Degree