Tes Wawancara Kerja - Cara Lulus Interview dan Contoh Pertanyaan dan Jawabannya Bagi Pemula

penjelasan tentang cara lulus tes interview dan contoh pertanyaannya

Mungkin sekarang Reader sudah lulus SMK/ SMA atau bahwak Perguruan Tinggi dan sedang mencari pertanyaan interview dan jawabannya untuk Fresh Graduate SMK / SMA, atau Perguruan Tinggi, dibawah ini akan dijelaskan tentang secara detail tentang pertanyaan wawancara kerja untuk pemula dan bagaimana kita menjawabnya. So, Lets Check it Out !.

Apa sih Interview Kerja ?


Interview atau wawancara kerja adalah salah satu tes yang diberikan oleh perusahaan kepada calon karyawan yang bertujuan untuk mengetahui secara lisan seberapa pantas atau cocok posisi yang tersedia di perusahaan dengan kemampuan atau skill para calon karyawan. Yang mewawancarai kita biasanya divisi HRD atau personalia.

Kapan Interview Kerja Berlangsung ?


Wawancara kerja dilakukan setelah calon karyawan telah selesai dengan tes tulis atau psikotes kerja dan itu dilakukan pada hari yang sama, jadi siapkan energi dan stamina supaya kuat dan lulus kedua tes itu yah guys heheheh. Para HRD biasanya akan mengirimkan email kepada kita tentang waktu dan tempat kita diwawancarai, ada yang di perusahaan langsung atau di luar, itu tergantung dari HRD-nya masing-masing.

Cara Menghadapi Interview Kerja Yang Baik dan Benar


Tes Wawancara Kerja berkaitan dengan seberapa pintar kita dalam memainkan kata. Sesuaikah pertanyaan dari HRD dengan jawaban kita ?, fokus kah kita pada pewawancara ?, berbelit-belitkah kita dalam menjawab ?. Dibawah ini tips lulus interview kerja untuk lulusan SMK/SMA dan PT

Fokus dan Percaya Diri


Hal yang paling penting pada saat wawancara kerja adalah fokus. Fokus pada apa yang ditanyakan oleh pewawancara. HRD selalu terfokus pada semua gerak-gerik kita pada saat diwawancarai, termasuk fokus mata kita, cara kita mengucapkan kata, cara kita menjawab pertanyaan dan gestur tubuh kita. Mata kita harus fokus pada pewawancara, usahakan lupakan semua hal yang tidak ada hubungannya dengan wawancara kerja, karena, itu sangat berpengaruh pada bagaimana kita menjawab pertanyaan yang diberikan. Dengan berpakain rapih dan formal akan menambah rasa percaya diri.

Jaga Sopan Santun


Sopan santun adalah hal yang sangat kecil dan biasa, namun sangat berpengaruh pada penilaian wawancara kita. HRD akan menilai bagaimana kita berbicara, bagaimana busana kita pada saat diwawancarai, dan masih banyak lagi.

Ketika nama kita dipanggil oleh petugas dan disuruh masuk ke ruangan, usahakan kita mengetuk pintu dan mengucapkan salam 'selamat pagi/siang/sore'. Apabila kita sudah ada terlebih dahulu di ruangan dan kita sudah duduk di kursi, kemudian HRD baru datang, kita sebaiknya langsung berdiri ketika mereka datang, itu menunjukan bahwa kita menghormati mereka, dan itu nilai plus untuk kita. Kemudian, Ucapkanlah rasa terima kasih pada saat awal pertanyaan dan akhir pertanyaan,
perhatikan contoh berikut,

Awal Pertanyaan
HRD : Selamat siang Ruslan
Ruslan : Selamat siang Bapak / Ibu
HRD : Apa kamu sudah siap untuk wawancara hari ini ?
Ruslan : Saya siap dan bersedia Pak / Bu
HRD : Ok, kita mulai, Tolong jelaskan kepada saya, kenapa Anda tertarik dengan posisi ini ? dan apa motivasi anda kerja di sini ?
Ruslan : Terima kasih Bapak/Ibu atas pertanyaannya, alasan dan motivasi saya adalah....
Akhir Pertanyaan
HRD : Ok, Saya rasa sudah cukup untuk wawancara kali ini, anda akan kami kabari perihal hasil wawancaranya via email atau telpon
Ruslan : Terima kasih kembali Bapak/Ibu atas waktu dan kesempatan wawancara ini, saya sangat berharap bisa bergabung bersama bapak/ ibu 

Pintarlah Dalam Menyusun Kata


Kemampuan kita dalam memainkan kata adalah nilai yang cukup penting dalam tes wawancara, hindari menjawab dengan diawali '...emmmm... saya ..emmmm.....' itu akan membuat efek penilaian kurang baik terhadap kita. Karena wawancara sifatnya formal, kita harus menggunakan bahasa yang baku. Usahakan sebisa mungkin kita tidak mengunakan kata-kata yang tidak baku. Kita harus menyusun kata demi kata dengan baik dan usahakan tidak keluar dari konteks pertanyaan HRD.

Misalkan untuk posisi sales executive
HRD : Ok, kita mulai, Tolong jelaskan kepada saya, kenapa Anda tertarik dengan posisi ini ? dan apa motivasi anda kerja di sini ?
Ruslan : Terima kasih Bapak/Ibu atas pertanyaannya, alasan dan motivasi saya untuk bergabung bersama bapak dan ibu adalah karena saya yakin dan optimis bahwa saya mampu untuk bekerja bersama bapak dan ibu. Saya sangat suka dengan hal yang berhubungan dengan tantangan, dan posisi sales bagi saya adalah sebuah tantangan, karena kita menjadi ujung tombak perusahaan dalam penjualan, dengan kemampuan komunikasi saya yang baik dalam meyakinkan konsumen untuk membeli produk kita, saya yakin bisa menjual produk dengan baik dan bisa achive sesuai target.
Cara menjawab pertanyaan interview kerja bagi pemula

Contoh Pertanyaan dan Jawaban Interview Kerja yang Baik


Sebelumnya, seperti yang dijelaskan di atas tadi, kita harus memposisikan diri bahwa kita benar dan positif di depan HRD, untuk lebih jelasnya silahkan perhatikan,

A. Jelaskan tentang anda kepada kami ? (Misalkan kalian melamar pekerjaan sebagai admin dan sales)

Calon Karyawan yang sudah memiliki pengalaman :
Nama saya Ruslan, umur saya 22 tahun. Saya sangat menguasai administrasi dan penjualan. Saya pernah bekerja di perusahaan reparasi kapal di Kalimantan Selatan sebagai administration and finance staff, dan perusahaan Pengadaan barang dan jasa sebagai administration and sales, juga Saya pernah bekerja sebagai finance staff di salah satu rumah sakit di jakarta. Saya pernah memenangkan tender pemerintah ketika di kalimantan yaitu pengadaan komputer dan alat komunikasi.
Calon Karyawan yang belum memiliki pengalaman :
Saya Ruslan, umur saya 18 tahun. saya pernah menjadi ketua osis di sekolah saya. saya mempunyai kemampuan leadership yang baik. saya pernah mengikuti pelatihan magang ketika prakerin dulu yaitu sebagai admin dan sales di sebuah perusahaan agronomi di Riau. Dan saya pernah berhasil menjual sayuran dengan baik kepada konsumen.
B. Apa yang anda ketahui tentang perusahaan ini ?

Hal yang paling penting sebelum kita datang ke tempat wawancara adalah kita harus mengetahui terlebih dahulu perusahaan yang kita lamar, terutama yang berhubungan dengan produk-produk mereka. Pelajari terlebih dahulu perusahaan tersebut sebelum kita diwawancarai.

C. Sebutkan kepada kami lima kelebihan dan kekurangan anda ?

Nah, di sini kita harus pintar dalam memainkan kata. Kenapa demikian ?
Karena pertanyaan ini, seperti mudah namun ini adalah pertanyaan jebakan. Karena, perusahaan akan tahu tentang kebiasaan sehari-hari dan bagaimana kita, apakah kebiasaan itu akan mempengaruhi produktifitas kita terhadap pekerjaan atau tidak, usahakan jawaban kita harus bisa mencerminkan kebutuhan dari perusahaan. Pada pertanyaan ini, Ruslan akan berbagi kepada reader semua tentang bagaimana untuk menjawabnya

Calon Karyawan :
Kelebihan :
1. Saya mempunyai prinsif kerja yang selalu saya pegang yaitu jujur, ikhlas, dan amanah 2. Saya selalu menyempatkan membaca dan berolahrga setiap hari,
3. Sebelum saya tidur, saya selalu menyempatkan waktu paling tidak 30 menit untuk berfikir dan merencanakan kegiatan apa saja yang akan saya lakukan besok hari,
4. Saya selalu konsisten dengan omongan saya dan tidak pernah melanggar janji ketika saya berjanji,
5. Saya selalu menjalankan dengan baik apa yang telah saya rencanakan, terutama yang berhubungan dengan kegiatan sehari-hari
Kekurangan :
1. Saya sering lupa makan karena terlalu asik membaca,2. Saya kurang tidur karena saya selalu bekerja sampai larut malam,
3. Saya terkadang suka lupa tentang sesuatu oleh karena itu saya selalu membawa note kecil di saku celana saya,
4. Saya kadang suka kekurangan uang karena harus membantu teman yang sedang kesusahan,
5. Terkadang saya tidur di kursi kerja atau bahkan di tempat ibadah karena harus mengerjakan laporan sampai larut malam.

D. Apakah anda bersedia untuk bekerja secara personal atau tim ?

Jika kita bisa bekerja secara tim, jelaskan pencapaian kita ketika bekerja secara tim diperusahaan terdahulu

Calon Karyawan : Saya bisa bekerja secara personal dan tim. Saya pernah bekerja secara kelompok, ketika kami memenangkan tender di kalimantan.

E. Jelaskan kepada kami, apa target jangka pendek dan jangka panjang anda ?

Pertanyaan ini bisa disebut juga pertanyaan jebakan, karena kita dituntut untuk menjelaskan kepada HRD, seberapa visioner kah kita ke depan, cocok kah kita dengan posisi yang dilamar.

Calon karyawan :

Target jangka pendek saya adalah saya ingin memperdalam keahlian saya dibidang marketing dan penjualan. Seperti dijelaskan sebelumnya, bagi saya marketing dan penjualan adalah sebuah ilmu yang harus dipelajari dengan praktik secara langsung.

Target jangka panjang saya adalah saya ingin melanjutkan pendidikan saya, karena saya yakini bahwa ilmu yang dimiliki sekarang belum cukup untuk bisa achieve bersama perusahaan. Dengan saya kuliah lagi, saya mampu untuk terus maju dan berkembang bersama perusahan.

F. Kenapa anda meninggalkan pekerjaan terdahulu ? (bagi yang sudah pernah bekerja)

Jawablah dengan jujur, karena ini sangat berpengaruh kepada penilaian kita. Namun, usahakan kita tetap dalam pilihan yang benar. Hindari jawaban yang memungkinkan kita bersalah, meskipun kita salah.

G. Apa yang anda ketahui tentang posisi yang anda lamar ?

Ketahui lah dengan baik posisi yang sedang anda lamar sekarang. Karena itu sangat wajib sekali. Kita tidak akan tahu job descriotion, jika tidak tahu apa tugas dan tanggung jawab kita.

Misalkan anda melamar untuk posisi sales dan admin :

Menurut saya sales dan admin adalah pekerjaan yang dimana kita bertanggung jawab untuk menjual produk kepada konsumen, dan meyakinkan konsumen untuk kembali lagi membeli produk yang kita jual serta mencatat setiap transaksi yang terjadi kemudian melaporkannya dalam bentuk laporan yang baik.

H. Apa anda bersedia bekerja lembur dan dihari libur ?

Pertanyaan ini tergantung kepada kita, dan jadwal kita. Pertanyaan ini berkaitan erat dengan seberapa besar loyalitas kita kepada perusahaan. Jawablah dengan jujur, dan tidak berbelit-belit.

J. Anda ingin digaji berapa ?

Dalam menentukan seberapa besar gaji yang kita inginkan kita harus memperhatikan pendidikan dan skill kita. Meskipun kebutuhan hidup kita sehari-hari sangat besar, tapi perusahan tidak akan mau tentang itu. Jika pendidikan kita hanya SMA/SMK minta lah gaji standar UMP, namun jika pendidikan kita S1 atau bahkan sampai S3 dan kita sudah sangat berpengalaman, kita boleh meminta lebih.

Nah, demikian lah artikel tentang contoh pertanyaan interview dan jawabannya untuk fresh graduate (SMA/SMK, PT) dan yang berpengalaman. Semoga bermanfaat yah.

Postingan populer dari blog ini

Contoh CV Lamaran Kerja Yang Baik dan Benar - Cara Membuat Daftar Riwayat Hidup Terbaru 2018

Contoh - Contoh Pertanyaan Interview Dalam Bahasa Inggris dan Artinya Lengkap

Degrees of Comparison - Penjelasan dan Contoh Kalimat Positive Degree, Comparative Degree, dan Superlative Degree