Contoh, Rumus, dan Pengertian Past Perfect Tense Dalama Bahasa Inggris - Belajar Tenses

Image source : www.grammar-monster.com

Good Evening Reader ?. Ruslan akan share tentang Pengertian Past Perfect Tense Dalama Bahasa Inggris. Selain itu juga, akan di share tentang contoh dan rumus atau past perfect tense formula. Yuk kita mulai, Apa sih Past Perfect Tense itu ?

Baca juga,

Past Perfect Tense Definition


Past Perfect Tense adalah bagian dari 16 Tenses yang wajib kita tahu. Past Perfect Tense digunakan untuk menjelaskan suatu kejadian yang sudah terjadi pada waktu tertentu di masa lampau sebelum kejadian lainnya terjadi. Apa Readers paham ?. Supaya tidak bingung silahkan perhatikan contoh di bawah ini,
The report had given to  manager when you went for business trip (Laporan itu telah diberikan ke manager ketika kamu pergi untuk perjalanan bisnis)
Contoh di atas menjelaskan sebuah kejadian yang sudah terjadi di suatu titik di masa lampau, ketika kejadian yang lain juga terjadi. Sekarang sudah paham kan ? Pada Past Perfect Tense, kita menggunakan "had" setelah subject dan Verb 3.

Rumus Past Perfect Tense


Kalimat Formula atau Rumus Contoh Kalimat
Possitive S + had + Verb 3 They had arrived
Negative S + had + not + Verb 3 They had not arrived
Interogative Had + S + Verb 3 Had they arrived ?

Past Perfect Tense Examples


Untuk menambah pemanahannya berikut dishare contoh - contoh past perfect tense positive negative interrogative,

1. Jenny had checked the report three times, before Boss asked it (jenny telah mengecek laporan itu tiga kali , sebelum bos meminta laporan itu)

2. Before you arrived last night, we had waitted for three hours in the airport (Sebelum kamu tiba kemarin malam, kita sudah menunggu selama tiga jam di bandara)

3. By the time you asked me for dinner, i had already eaten my dinner with Andy (saat kamu meminta ku untuk makan malam, aku sudah makan malam dengan Andy)

4. Jung Corp and Aghni Group had agreed with MoU when this project finished (Jung corp. Dan Aghni Group telah sepakat dengan MoU ketika projek ini selesai)

5. He said that he had written the report and had given it to Mr. James (Dia bilang bahwa dia sudah menulis laporan itu dan sudah menmberikannya ke Mr. James)

6. Rina had studied hard before graduating her degree (Rina telah belajar sangat keras sebelum dia lulus dari tingaktnya)

7. I went to Palabuhanrtau beach, i had never seen such an amazing beach before ( Aku pergi  ke pantai Palabuhanratu, Aku belum pernah melihat pantai semenakjubkan ini sebelumnya)

8. Had you given this annual report to Mrs. Merry yesterday ? She asked it (Sudahkah kamu memberikan laporan tahunan ini ke Bu Merry kemarin ? Dia memintanya)

9. I had not spoken with Mr. Rahmat about this project beacuse you ware not here yesterday (Saya belum berbicara dengan Pak Rahmat tentang projek ini karena kamu tidak di sini kemarin?  

10. Jenny, had you met Andy when you ware in Singapore ? (Jenny, apakah kamu bertemu Andy saat kamu di Singapura ?)

11. Had Andy washed his uniform before he used it ? (Sudahkan Andy mencuci pakaiannya sebelum dia menggunakannya ?)

Past Perfect Tense Wh - Question


1. What kind of major had Andy chosen for his postgraduate program when he was in Cambridge university ? (Jurusan apa yang Andy pilih untuk program doktoralnya saat dia di Universitas Cambridge ?)

2. Which Hotel had you visited with Ina for your honeymoon last january ? (Hotel mana yang kamu kunjungi dengan Ina untuk bulan madu mu januari kemarin ?)
3. Whose book had Linda read when she was at library ? (Buku siapa yang Linda baca saat dia di perpustakaan ?)

4. Who had opened that meeting when Chairman didn't come ? (Siapa yang telah membuka rapat itu ketika ketua tidak datang ?)

5. Why had Akmal changed his reason when he spoke with Mrs. Tia ? (Kenapa Akmal mengubah alasannya ketika berbicara dengan Bu Tia ?)

Nah demikian lah artikel Ruslan tentang Past Perfect Tense, semoga bermanfaat yah. Sampai jumpa di artikel selanjutnya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Contoh CV Lamaran Kerja Yang Baik dan Benar - Cara Membuat Daftar Riwayat Hidup Terbaru 2018

Contoh - Contoh Pertanyaan Interview Dalam Bahasa Inggris dan Artinya Lengkap

Degrees of Comparison - Penjelasan dan Contoh Kalimat Positive Degree, Comparative Degree, dan Superlative Degree