Cara Berbicara di Depan Umum Agar Tidak Grogi - Artikel Berbicara di Depan Umum

teknik berbicara yang baik dan benar

Cara Berbicara di Depan Umum Agar Tidak Grogi adalah materi yang akan kita bahas bersama. Ruslan share tentang materi ini karena dirasa penting sekali terutama bagi kita seorang karyawan yang pekerjaannya memerlukan teknik berbicara yang baik dan benar dalam berkomunikasi terutama verbal atau lisan. Yuk kita pahami bersama, Lets begin !

Baca juga,



Resep Pintar Berbicara


Reader pasti tahu bahwa, orang akan sangat senang sekali ketika kita easy going dan enak di ajak bicara dengan berbagai macam topik pembicaraan. Tetapi kita terjebak dalam kondisi dimana masih grogi dan kaku ketika sedang birbicara di depan umum, presentasi profosal bisnis, menjelaskan laporan kepada atasan, atau bahkan kaku sekali ketika sedang ngobrol dengan kekasih. Beberapa resep atau cara agar pandai berbicara di depan umum di bawah ini, semoga bisa membantu.

Cara Berbicara Lancar Dengan Orang Lain Tanpa Grogi 


Berikut di bawah ini cara cara menghilangkan rasa gugup saat berbicara di depan orang banyak dan membuat kita lebih PD (Percaya Diri).

Ketahuilah Pokok Permasalah atau Subjet Pembicaraan


Hampir semua permasalahan yang dihadapi oleh mereka yang grogi untuk berbicara di depan umum adalah karena OOC atau Out Of Topic. OOC adalah kondisi dimana kita mengerti topik permasalan. OOC biasanya terjadi ketika kita grogi secara berlebihan. OOC basayang terjadi ketika kita sedang membaca sebuah pesan SMS atau WA, laporan yang salah ketik, atau bahkan sedang bertemu dengan seseorang yang kita sukai. Cara agar kita tidak OOC adalah kendalikan diri kita. Hiruplah napas secara teratur, dan dengarkan dulu atau pahami dulu apa maksud dari pembicaraan atau pesan yang disampaikan.

Sering - Seringlah Berlatih Dengan Banyak Membaca


Membaca tidak hanya menambah pengetahuan, tetapi juga membantu kita dalam melatih berbicara spontan ataupun terencana. Dengan kita sering membaca, wawasan kita akan semakin luas dan itu akan sangat membantu dalam meningkatkan kemampuan berbicara di muka umum. Tidak hanya buku yang selalu di baca, kita bisa membaca setiap berita di koran atau media online, seperti topik seputar politik, ekonomi, hukum, olah raga, teknologi, dan lain - lain. Dengan kita sering membaca, ketika kita berhadapan dengan obrolan ringan atau pun harus menyiapkan laporan, kita bisa tahu topik pembicaraan.

Berpikirlah Sebelum Bicara dan Berhati - Hatilah


Terkadang kita terjebak dengan apa yang kita ucapkan. Bahkan kita bisa saja menyinggung perasaan lawan bicara kita. Kenapa harus berhati - hati ?. Ada pepatah yang mengatakan,
Mulut Mu, Harimau Mu.
Nah, lidah ini tidak bertulang, tapi, ketika kita salah berucap dan menyinggung perasaan orang lain, maka akan sangat berbahaya sekali. Gunakanlah pikiran kita sebelum bicara, apakah kalimat yang akan keluar dari mulut kita akan menyakiti perasaan lawan bicara ?, apakah ucapan kita berguna untuk lawan bicara ?. Ingat, belum tentu apa yang menurut kita baik, baik juga bagi lawan bicara kita.

resep dan teknik berbicara di depan umum

Dengan Siapa Kita Bicara ?


Kesalahan berikutnya yang sering kita lakukan adalah kita tidak bisa memilih kata yang baik. Sehingga kita tidak bisa menempatkan mana kata yang seharusnya digunakan untuk orang tua, teman kantor, atau bahkan sang kekasih. Kita harus mampu memilih dan memilah kosa kata yang sesuai. Jangan sampai kita salah menempatkan kosa kata, jika demikian, kita bisa dianggap oleh lawan bicara sebagai orang yang tidak sopan. Ketahuilah mana kosa kata yang formal dan informal, dengan begitu, kita akan tahu mana kosa kata yang digunakan ketika sedang ngobrol dengan orang tua, bos, teman sebaya, kekasih dan client.

Percaya Diri dan Hindari 'Hmmmm'


Percaya diri sangatlah berguna sekali. Dengan percaya diri, kita bisa lebih siap ketika berbicara di depan orang lain. Tapi ingat juga, jangan over PD. Percaya diri bukan berarti kita mendominasi dan merendahkan setiap pendapat orang lain, tapi percaya diri akan membantu kita dalam mendengar dan memberikan solusi dari setiap permasalahan. Hindarilah kata 'Hmmm'. Jika kita terlalu banyak menggunakan kata 'Hmmm' itu akan membuat lawan bicara kita kesal, karena harus menunggu jawaban agak lama.

Jangan Terlalu Asik dengan Gadget


Cara pintar ngobrol beikutnya adalah jangan terlalu asik dengan gadget. Kita boleh membuka handphone dan melihat notifikasi, tapi ingat, kita sengan ngobrol. Jika kita terlalu asik dengan gadget - meskipun hanya melihat sesuatu yang tidak penting - itu akan membuat lawan bicara kita merasa tidak dihargai. Boleh kita sesekali melihat gadget, tapi jangan berlebihan. Lebih baik kita fokus pada lawan bicara.


Stop Kaku !


Nah, banyak diantara kita yang kaku ketika akan memulai sebuah topik pembicaraan. Cobalah dengan bahasa santai, dan angkat topik - topik pembicaraan yang sedang hangat atau ramai dibicarakan. Gunakanlah bahasa yang santai dan ramah. Gerakan lah tangan kita, ketika akan berbicara untuk mengurangi rasa kaku. Dengan begitu, lambat - laun, kekakuan dalam bicara akan berkurang.

Nah, demikianlah artikel Ruslan tentang cara melatih berbicara dengan lancar baik dengan teman, pacar, orang tua, dan bos kita ditempat kerja. Teruslah berlatih untuk meningkatkan kemampuan berbicara kira di depan umum seperti melihat youtube cara berbicara di depan umum, pidato orang - orang sukses, narasumber di sebuah seminar, dan lain - lain.

Semoga bermanfaat dan sampai jumpa di artikel selanjutnya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Contoh CV Lamaran Kerja Yang Baik dan Benar - Cara Membuat Daftar Riwayat Hidup Terbaru 2018

Contoh - Contoh Pertanyaan Interview Dalam Bahasa Inggris dan Artinya Lengkap

Degrees of Comparison - Penjelasan dan Contoh Kalimat Positive Degree, Comparative Degree, dan Superlative Degree