Cara Menjadi Dewasa Dalam Berpikir dan Bertindak - Tips Hidup Produktif

cara menjadi dewasa dalam berpikir dan bertindak

Sifat dewasa adalah kemampuan yang dimiliki seseorang dalam menyikapi suatu permasalahan dengan tidak menggunakan sifat subjektif, melainkan lebih mengutamakan cara pandang objektif (berdasarkan data dan fakta). Orang dengan pemikiran dewasa akan menyikapi suatu permasalah dengan menghubungkan otak dengan hati. Artinya, otak dan hati berjalan beriringan. Jika otak saja yang bekerja, maka cenderung kita akan menghalalkan setiap cara untuk mendapatkan keinginan. Jika hati saja yang bekerja, maka kita akan terlalu berlebihan (BaPer).

Baca juga,
  1. Kegiatan Produktif Selama Menganggur
  2. Cara dan Manfaat Konsistensi Dalam Kehidupan di Lingkungan
  3. Kata - Kata Motivasi Dalam Bahasa Inggris dan Artinya

Tanda - tanda seseorang belum dewasa ketika mereka berfikir terlalu pendek, menyimpulkan permasalahan tanpa melihat data dan fakta, emosian, otak dan hati tidak digunakan seirama, cenderung BaPer. Perlu kita ketahui bagaimana cara berfikir dewasa dan cara menjadi dewasa dalam berpikir dan bertindak. Yuk kita cermati bersama !.

Belajar Mengendalikan Emosi


Musuh terbesar dalam hidup kita adalah diri kita sendiri. Emosi dan kesalah pahaman adalah akar dari setiap perselisihan. Cara bersikap dewasa dalam kehidupan sehari hari yang pertama adalah kita kendalikan emosi kita. Semarah apapun kita kepada seseorang, kendalikanlah. Jika tidak bisa, lebih baik menghindar atau tidur. Maka itu, akan lebih baik.

Fokuslah Pada Data dan Fakta


Kekuatan berpikir positif adalah berfikir berdasarkan data dan fakta yang real. Berasal dari beberapa sumber yang bisa dipertanggung jawabkan. Jika data dan fakta yang kita peroleh belum cukup, maka janganlah dulu kita menyimpulkan suatu permasalahan.

Jangan Berburuk Sangka


Cara merubah sikap menjadi lebih baik dalam kedawasaan selanjutnya adalah jangan berburuk sangka. Kita boleh curiga kepada seseorang, tapi jangan sampai kecurigaan itu berlebihan dan merusak tali persaudaraan diantar kita. Buat jalan tengah dari permasalahan dan hindarilah konflik.

Hindari Konflik


Dalah kehidupan sehari - hari, koflik pasti ada. Setiap konflik pasti akan mengarah kepada perpecahan. Orang dengan pemikiran dewasa pasti akan lebih memilih musyawarah untuk mencapai mufakat bersama, dibanding dengan konflik yang berkepanjangan.

Banyak Berdoa dan Dekati Sang Pencipta


Orang dengan pemikiran dewasa akan selalu berdoa dan tidak akan meninggalkan Tuhan yang telah menciptakannya. Ketika menghadapi suatu masalah dia akan tenang dan berfikir bahwa, hanya Tuhan Sang Pencipta yang hanya bisa menyelesaikan permasalahan hidupnya. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Contoh CV Lamaran Kerja Yang Baik dan Benar - Cara Membuat Daftar Riwayat Hidup Terbaru 2018

Contoh - Contoh Pertanyaan Interview Dalam Bahasa Inggris dan Artinya Lengkap

Degrees of Comparison - Penjelasan dan Contoh Kalimat Positive Degree, Comparative Degree, dan Superlative Degree