Contoh Surat Lamaran Kerja Terbaru dan Cara Menulisnya

surat lamaran kerja terbaru

Surat Lamaran Kerja (Application Letter) -Hari ini kita akan membahas tentang Bagaimana menulis Surat Lamaran Kerja dan Contohnya. Lets check it out !.


Cara membuat Surat Lamaran Kerja 


Seperti yang kita tahu bersama bahwa surat lamaran kerjaadalah dokumen wajib yang harus kita lampirkan, jika akan melamar sebuah pekerjaan. Namun, masih banyak diantara kita yang masih belum tahu, gimana sih surat lamaran yang bisa membuat HRD langsung ‘tetarik’ dengan kita ?.

Baca Juga,
  1. Cara Membuat CV atau Daftar Riwayat Hidup
  2. Contoh Surat Lamaran Kerja Bahasa Inggris
  3. Download CV Bahasa Inggris


Yang perlu kita perhatikan ketika akan membuat surat lamaran pekerjaan adalah,


1. Pelamar bukan hanya kita, jadi kita harus membuat surat lamaran yang menarik,

2. Waktu HRD tidak hanya untuk membaca surat lamaran kita, tetapi juga surat lamaran pelamar lain, sehingga surat lamaran kita harus singkat, jelas, dan padat,

3. Bahasa yang sopan dan menarik

Kalau kita rangkum dari paparan di atas adalah pesaing, waktu, dan sopan. Kita harus perhatikan ‘ketiga poin’ itu. Kebanyakan dari kita membuat surat lamaran lebih dari satu lembar, bahkan ada yang sampai tiga lembar. Surat lamaran seperti itu biasanya kurang menarik untuk HRD. HRD hanya perlu satu lembar surat lamaran yang dimana isinya mencakup semua informasi tentang keinginan kita bekerja di perusahaan itu.

Dari pengalaman Ruslan pribadi, ketika mengikuti sebuah seminar yang diadakan oleh perusahaan penyedia lapangan pekerjaan yang dimana mereka menjelaskan tentang langkah – langkah yang harus kita lalui ketika akan melamar sebuah pekerjaan dan beberapa referensi buku yang Ruslan baca, berikut contoh surat lamaran pekerjaan yang kurang lebih sesuai dengan harapan HRD,

Contoh kasus,
Pada hari kamis tanggal 11 Januari 2018 Andi Haryanto seorang fress graduate dari SMK Nusantara mendapat informasi lowongan pekerjaan dari situs resmi PT. Jaya Husada. Andi Haryanto melamar pekerjaan sebagai Staf Admin dan Sales.

Berikut contoh surat lamaran pekerjaannya,

Perihal : Lamaran Pekerjaan
Kepada Bapak / Ibu HRD PT. JAYA HUSADA
Di Tempat 

Dengan Hormat, 
Berdasarkan informasi lowongan pekerjaan yang saya dapatkan dari www.jayahusada.com pada hari Kamis tanggal 11 Januari 2018, bersama ini saya mengajukan permohonan pekerjaan di PT. Jaya Husada. Adapun posisi pekerjaan yang saya maksud adalah staf admin dan sales. 

Berikut ini adalah data diri singkat saya,
Nama : Andi Haryanto
Tempat, tgl. Lahir : Jakarta, 25 Desember 1998
Pendidikan Terakhir : SMK Nusantara
Alamat Domisili : Jln. Rawa Tengah Gang V Kel. Galur Kec. Cempaka Barat – Jakarta Pusat
No. Handphone : +62 857 5100 9310
Email : andiharyanto@gmail.com 

Pada saat ini saya dalam keadaan sehat, baik jasmani maupun rohani. Kejujuran, keikhlasan, dan amanah selalu saya utamakan dalam bekerja.

Sebagai bahan pertimbangan, saya lampirkan beberapa data berikut,

1. Daftar Riwayat Hidup (Curriculum Vitae) dan pas photo ukuran 6 x 4,

2. Foto Copy Kartu Tanda Penduduk, dan berkas – berkas pendukung lainnya.

Kesempatan wawancara dengan Bapak/Ibu sangat saya harapkan, untuk menjelaskan lebih detail mengenai potensi dan keahlian yang saya miliki untuk perusahaan. 

Demikian Surat Lamaran Kerja ini saya buat. Atas perhatian dan terkabulkannya lamaran kerja ini, saya ucapkan terima kasih. 

Jakarta, 12 Januari 2018
Hormat Saya,



ANDI HARYANTO


Nah, contoh surat lamaran kerja di atas adalah contoh dari sekian banyak surat lamaran, yang bisa kita gunakan sebagai referensi. Yang paling harus kita perhatikan adalah kebenaran dari perusahaan yang mengirimkan undangan tes atau memberikan informasi pekerjaan. Meskipun kita sudah membuat surat lamaran kerja, daftar riwayat hidup, dan lain – lain, jika perusahaannya palsu atau hanya modus untuk menipu saja, tentunya itu semua tidak ada gunanya. 


Bagian - bagian surat lamaran kerja


1. Kepala Surat dan tujuan surat

Tentunya kepala surat adalah maksud kita dalam membuat surat ini, yaitu untuk melamar pekerjaan. Jadi pada keterangan perihal kita cantumkan permohonan pekerjaan atau lamaran pekerjaan

Kemudian tujuan surat, yaitu kepada siapa surat ini ditujukan. Pada saat penulisan tujuan, terkadang lupa akan Tata Bahasa Indonesia. Di sekolah pasti kita diajarkan tentang tata cara pembuatan surat, salah satunya surat lamaran pekerjaan. Jika kita akan membuat surat, penulisan tujuan yang sesuai dengan Tata Bahasa Indonesia adalah ‘Kepada’ atau ‘Yth.’ Kita harus memilih salah satu, tidak dibenarkan kita menulis ‘Kepada Yth.” .

2. Isi surat

Nah, untuk isi surat ini adalah penjelasan dari maksud kita dalam membuat surat lamaran pekerjaan ini. Di sini, kita harus menjelaskan maksud kita itu dengan singkat, jelas, dan padat, serta kita harus membuat isi surat lamaran pekerjaan ini menarik dan surat lamaran pekerjaan ini haruslah menggambarkan ketertarikan kita untuk posisi pekerjaan yang kita lamar ini.

Hindarilah rincian terlalu banyak dari lampiran yang kita sertakan, seperti Ijazah, SKHUN, NPWN, SKCK, dll. Ingatlah seperti yang Ruslan jelaskan di atas, ”Pesaing, Waktu, dan Sopan”, kalau kita sertakan semua, OMG itu akan membuat surat lamaran kita menjadi terlihat panjang dan menyita waktu HRD.

3. Penutup

Untuk yang akhir ini, kita harus menjelaskan tentang harapan kita untuk langkah selanjutnya yaitu tes kerja dan wawancara. Di bagian ini, kita jelaskan kembali bahwa kita sangat berharap diterima di perusahaan yang kita lamar itu.

Demikian lah penjelasan dari artikel Ruslan kali ini tentang cara membuat surat lamaran pekerjaan, semoga bermanfaat yah.

Postingan populer dari blog ini

Contoh CV Lamaran Kerja Yang Baik dan Benar - Cara Membuat Daftar Riwayat Hidup Terbaru 2018

Contoh - Contoh Pertanyaan Interview Dalam Bahasa Inggris dan Artinya Lengkap

Degrees of Comparison - Penjelasan dan Contoh Kalimat Positive Degree, Comparative Degree, dan Superlative Degree