Cara Meningkatkan Profesionalisme di Tempat Kerja

Tips mudah menjadi profesional di semua bidang pekerjaan

Profesional adalah orang yang kompeten dalam bidangnya dan menjunjung tinggi etika profesi. Ketika kita bekerja di sebuah perusahaan, kita dituntut untuk berlaku dan bersikap secara profesional. Dalam arti, setiap tutur kata dan tingkah laku perbuatan harus menunjukan profesionalitas. Profesionalitas menunjukan kompetensi kita terhadap sebuah pekerjaan.

Artikel ini menjelaskan tentang bagaimana profesionalisme seseorang dinilai dari sisi apa saja ?, Apa saja syarat yang harus dipenuhi untuk menjadi seorang profesional ?, berikut penjelasannya.

Pembentukan karakter (Character Building)


Pembentukan karakter sangat mempengaruhi profesionalitas. Karakter yang baik adalah hal yang sangat pundamental sekali. Banyak orang yang pintar namun lupa tentang bagaimana untuk menjadi profesional yang berkarakter baik. Karakter yang baik menunjukan integritas dan akan selalu dikenang sepanjang waktu. John C. Maxwell seorang penulis, pembicara dan pastur pernah berkata,
"it's true that charisma can make a person stand out for a moment, but character sets a person apart for a lifetime"

Percaya pada kemampuan


Seorang yang profesional selalu percaya pada kemampuan yang dia miliki. Dia tidak takut untuk mengungkapkan apa yang ada di kepala dan hatinya, karena dia yakin apa yang akan dia sampaikan sudah dianalis dengan cermat melalui kemapuan yang dimiliki, sehingga tidak menjadi omong kosong. Kita selalu takut akan salah, padahal - mungkin - apa yang ada dalam otak kita adalah ide yang hebat untuk kemajuan perusahaan.

Selalu tepat waktu


Terlambat dari waktu yang telah ditentukan adalah hal kecil. Tapi bagi seorang yang profesional, datang tepat waktu sangatlah penting. Karena, tepat waktu menunjukan kedisiplinan dan tanggung jawab. Ketika membuat janji dengan client, seorang profesional akan datang tepat waktu, apapun yang terjadi. Karena dia meyakini bahwa, profesionalitas bisa diukur - salah satunya - dengan bagaimana menghargai waktu.

Mampu mengatasi masalah dengan baik


Tak peduli seberapa tinggi pendidikan kamu di Universitas atau IPK yang bagus, tapi jika kamu tidak mampu untuk mengatasi masalah di tempat kerja, itu semua menjadi kurang berarti. Profesionalisme kita akan semakin bersinar tatkala kita mampu untuk menghadapi dan menyelesaikan masalah di tempat kerja. Selalu pro aktif dan berusaha dengan keras untuk mencari solusi dari setiap permasalah yang terjadi baik di kantor atau lapangan.

Terbuka dan saling menghormati


Orang akan lebih senang berbicara dan berbagi informasi dan pengalaman dengan seorang pendengar yang baik, juga, seorang yang terbuka tentang dirinya dan semua hal. Buatlah komunikasi secara jelas dan terbuka di tempat kerja. Hormatilah lawan bicara kita dengan menjadi pendengar yang baik dan selalu terbuka. Profesional yang baik memerlukan kemampuan untuk berkomunikasi dan berinteraksi secara efektif dan terbuka.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Contoh CV Lamaran Kerja Yang Baik dan Benar - Cara Membuat Daftar Riwayat Hidup Terbaru 2018

Contoh - Contoh Pertanyaan Interview Dalam Bahasa Inggris dan Artinya Lengkap

Degrees of Comparison - Penjelasan dan Contoh Kalimat Positive Degree, Comparative Degree, dan Superlative Degree